Itinerary dan estimasi biaya trip ke Yogyakarta 3H2lM

The journey hotel, photo captured by Odis

Itinerary ini dibuat sebelum kami berangkat. Saat di lapangan ya kembali lagi ke situasi dan kondisi yang sedang berjalan. Apalagi perjalanan kali ini kami membawa Balita, tentu wajib mengikuti moodnya. Tapi, itinerary dan estimasi biaya ini bisa kalian jadikan patokan jika ingin berwisata singkat, santai dan hemat di Yogyakarta..

Hari ke 0 (perjalanan menuju Yogyakarta)

Kami naik kereta ekonomi Progo, berangkat dari stasiun Pasar Senen jam 22.30 dan tiba di stasiun Lempuyangan jam 07.38

Hari ke 1 (wisata : Malioboro, taman sari, masjid Gedhe Kauman, alun-alun kidul. Kuliner : warung ijo baciro (sarapan), lumpia hotel mutiara (Snack), mangutMbah Marto (makan siang), oseng mercon Bu Narti (makan malam))

 Tiba di Yogya, sudah ditunggu oleh WS Rental Motor Jogja. Setelah menyelesaikan urusan administratif untuk sewa motor, kami menuju warung ijo baciro untuk sarapan. Lalu menuju ke hotel untuk menitipkan barang. Setelah itu menuju Malioboro, duduk-duduk santai di Malioboro sambil cemal-cemil lumpia. Setelah puas cemal-cemil, menuju mangut lele Mbah Marto, makan siang. Lalu menuju masjid Gedhe Kauman untuk istirahat sejenak, setelah itu menuju taman sari. Menjelang sore, kembali ke hotel, istirahat dan bebersih. Selepas magrib menuju oseng mercon Bu Narti untuk makan malam, lalu lanjut ke alun-alun kidul, naik sepeda hias dan menghabiskan energi keliling alun-alun. Jika sudah lelah, kembali ke hotel, istirahat.

Hari ke 2 (wisata : museum Ullen sentalu, gardu pandang Kaliurang, museum Merapi, swafoto taman bunga-bunga Kaliurang, titik 0 kilometer. Kuliner : tengkleng gajah (makan siang), bakmi Mbah Gito (makan malam))

Setelah sarapan di hotel, berangkat ke Kaliurang, mengunjungi museum Ullen sentalu, lalu ke gardu pandang, lalu ke museum Merapi, lalu swafoto di taman bunga. Saat turun dari Kaliurang, singgah di tengkleng gajah untuk makan siang, estimasi sudah lewat jam makan siang. Setelah puas makan, menjelang sore menuju Malioboro. Berbelanja baju di Beringharjo dan menghabiskan sore di titik 0 kilometer Jogja. Menjelang magrib kembali ke hotel, bersih-bersih. Lalu menuju bakmi Mbah Gito untuk makan malam. Setelah itu lebih baik kembali ke hotel untuk istirahat atau bisa ke angkringan kopi Joss (jika mood bocah bagus).

Hari ke 4 (wisata : candi Prambanan, candi ratu Boko, bukit brexi. Atau ke candi Borobudur. Atau ke museum trick de mata. Kuliner : soto Kadipiro (sarapan), nasi goreng sapi atau sup merah jogja (makan malam), lumpia Malioboro (Snack untuk di kereta), bakpia 25 (oleh-oleh))

Pagi-pagi packing, sarapan di hotel jangan kenyang-kenyang. Check out, titip barang di resepsionis hotel. Menuju ke soto Kadipiro untuk sarapan yang sesungguhnya. Lalu menuju wisata pilihan. Menjelang sore sebaiknya sudah kembali ke kota Yogyakarta, menuju Malioboro untuk beli bakpia dan lumpia (dibungkus). Setelah itu menuju hotel untuk ambil barang. Lalu ke nasi goreng sapi atau sup merah jogja, makan malam di tempat atau bisa di bungkus jika waktu tidak memungkinkan. Segera menuju stasiun Tugu untuk naik kereta Jayakarta Premium jam 20.30 menuju Jakarta. Tiba di Jakarta keesokan harinya jam 5.30.

Sekali lagi. Itinerary tersebut adalah rencana awal kami sebelum berangkat. Pada kenyataannya, tidak semua kami jalani, contohnya pada hari ke-3 kami lebih banyak menghabiskan waktu di Malioboro, karena terlalu malas untuk berwisata kesana-kemari.

Dan berikut adalah beberapa rincian pengeluaran selama di Yogyakarta :

  • Tiket kereta Progo (jkt-jog) : 150rb/seat
  • Tiket kereta Jayakarta Premium (jog-jkt) : 230rb/seat
  • Hotel The Journey : 300rb/night (dapat diskon Traveloka 10%)
  • Sewa motor  (Vario 125) : 80rb/day
  • BBM : 25rb
  • Tiket Ullen sentalu : 40rb/org dewasa, balita free
  • Makan enak dan sederhana di Jogja sekitar 15rb-25rb/porsi tergantung menu dan tempatnya. Sedangkan makan enak dan mewah/legend di Jogja sekitar 50rb-80rb/porsi  tergantung menu dan tempatnya
  • Tarif parkir rata-rata 2rb-3rb
  • Tarif masuk candi-candi besar rata-rata 40rb/org.
  • Tarif masuk museum trick de mata sekitar 100rb/org dewasa

Kami tidak banyak mengunjungi tempat wisata selama di Jogja kemarin, dan pengeluaran total kami bertiga selama perjalanan ke Jogja 3 hari adalah 2.800.000. lebih sedikit sih, tapi tidak sampai 100rb lebihnya. Pengeluaran tersebut sudah termasuk ongkos PP dari rumah ke stasiun Senen/Jatinegara. Sudah termasuk oleh-oleh yang ngga terlalu banyak juga.

Oya, jika ada yang ingin menyewa motor di area Jogja bisa menyewa ke WS Rental Motor Jogja via chat WhatsApp ke 081330012211.

Tips hemat liburan dari saya :

  • maksimal kan promo-promo e-commerce, misalnya dari Traveloka. Kamu bisa beli tiket masuk ke beberapa tempat wisata di Jogja dari Traveloka lho, dan harganya lebih murah daripada beli langsung. 
  • Beli tiket kereta langsung untuk pulang pergi, jangan nekat beli on the spot.
  • Pilih hotel jangan yang hanya murah, tapi juga harus nyaman. Ingat lho, kamu liburan ini juga perlu energi, so, hotel yang nyaman tentu menentukan banget untuk recharge energi supaya terisi maksimal
  • Jika berniat utk kulineran sejak pagi, lebih baik tidak usah memilih opsi breakfast di hotel.
  • Pilih moda transportasi terpraktis menurut mu sejak awal, banyak sekali penyewaan kendaraan di Jogja. Atau bisa juga berkeliling mengandalkan ojek online.

Sekian. Jika mau tau cerita perjalanan kami selama liburan di Jogja, bisa baca catatan perjalanan tentang Liburan dadakan ke Yogjakarta yang sudah saya tulis sebelum nya. Anyway, selamat liburan, selamat menemukan memori tentang Yogyakarta dengan caramu sendiri.

Baca juga ceritanya :

Liburan dadakan ke Yogyakarta (part 1)

Liburan dadakan ke Yogyakarta (part 2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: