Bikin kacamata dibayarin bpjs

Beberapa saat lalu, saya mencoba meng-klaim fasilitas kacamata yang diberikan BPJS. Dan berikut akan saya share step-stepnya. Oya, btw saya berdomisili di Depok-Jawa Barat.

Step 1

Datang ke faskes tingkat 1 masing-masing, tujuannya untuk mendapatkan rujukan ke dokter spesialis mata di rumah sakit yang lebih besar. Saat ketemu dokter di faskes 1, bilang saja ingin periksa mata atau ingin membuat kacamata. Setelah itu dokter akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit yang bekerjasama. Surat rujukan ini berlaku selama 30 hari sejak pertama diterbitkan.

Step 2

Datang ke rumah sakit rujukan, ikuti prosedur pendaftaran untuk pasien BPJS pada umumnya, mendaftarlah ke poli mata (ya kali kan, mau periksa mata tapi ke poli jantung). Jika alurnya benar, maka tak lama kemudian kamu akan bertemu dengan dokter mata. Jelaskan pada dokter bahwa kamu ingin membuat kacamata, dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes untuk memastikan apa kamu memang membutuhkan kacamata atau hanya butuh piknik saja? #eh. Setelah itu dokter akan membuatkan resep untuk kacamatamu. Eits, jangan girang dulu, masih ada step selanjutnya sebelum sampai di optik. Hahaha

Step 3

Bawa kembali resep dari dokter mata ke loket BPJS di rumah sakit, tujuannya untuk mendapatkan legalisir atau semacam persetujuan bahwa kamu boleh membuat kacamata di optik-optik yang telah ditunjuk atas jaminan BPJS. 

Jika di rumah sakit rujukan mu tidak bisa melegalisir resep tersebut, maka kamu harus membawa resep itu ke kantor BPJS terdekat. Tanyakanlah pada security di kantor BPJS, di loket mana kamu bisa mendapatkan legalisir tersebut, jika security masih ngga mudeng, tunjukkan saja resepnya, dia pasti langsung paham. Kantor BPJS kan identik selalu penuh ya, tapi untuk loket tujuan saya tidak terlalu banyak antriannya, ada sekitar 5 orang di depan saya. Tidak sampai 30 menit, saya sudah berhadapan dengan petugas yang langsung sigap ini itu saat saya menunjukkan resep tersebut. Resepmu akan distempel, kamu juga akan diberitahu batas maksimal yang akan ditanggung dan juga daftar optik yang telah bekerjasama di kotamu. Seingat saya, untuk kelas 3 maksimal 150rb, kelas 2 200rb, dan kelas 1 300rb.

Step 4

Silahkan menuju optik pilihanmu. Saat itu saya memilih optik yang terletak di ITC Depok, karena sudah dekat dari kantor BPJS dan di ITC terdapat 3 optik yang bekerjasama. Jadi kalau-kalau saya tidak cocok dengan 1 optik saya bisa melipir ke optik yang 2 lainnya.

Biasanya, optik-optik ini sudah mengelompokkan kacamata-kacamata berdasarkan kelas BPJSnya, namun tentu saja kamu masih bisa memilih kacamata diluar dari yang telah dikelompokkan, tapi tentu dengan perhitungan yang berbeda ya. Jadi jangan berangan-angan kamu bisa memiliki kacamata seharga sejutaan hanya dengan tanggungan dari BPJS. Bro, inget, maksimal tanggunganmu berapa? Wkwkwk..

Setelah dapat kacamata yang cocok, optik akan segera memproses kacamatamu dan tinggal tunggu hasilnya. 

Catatan

  1. Perhatikan jumlah kuota untuk pasien BPJS di rumah sakit tujuanmu. Lebih baik datang sepagi mungkin agar tidak kehabisan kuota hari itu
  2. Perhatikan batas maksimal tanggungan untuk kacamatamu. Jika pilihan kacamatamu lebih mahal dari nilai tanggungan, maka tentu saja kelebihannya harus kamu tanggung sendiri. Kemarin saya menambahkan 100rb untuk kacamata yang saya pilih.
  3. Jika kamu tidak menemukan kacamata yang cocok untukmu, jangan ragu untuk berpindah ke optik lain. Atau bisa juga compare harga dulu antar optik sebelum benar-benar memutuskan untuk memilih kacamata yang kamu mau.
  4. Tanggungan kacamata ini tersedia untuk setiap 2 tahun, jadi jika kamu membuat kacamata sekarang, maka 2 tahun lagi kamu baru bisa membuat kacamata lagi (dengan BPJS).

That’s all. Terlihat ribet, tapi sebenarnya ngga akan tambah ribet jika kamu benar-benar mengikuti alurnya. Segala hal yang semi gratis pasti butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Selamat mencoba. 😊

Advertisements

2 thoughts on “Bikin kacamata dibayarin bpjs

Add yours

  1. Nah.. tulisan kayak gini nih yg aku suka.. sangat berfaedah 👍👍👍
    Thanx 4 sharing..
    Anw, ada bbrp pertanyaan:
    1. Kamu daftar BPJS yg iurannya brp/bln?
    2. Msh berlaku ga kebijakannya?
    3. Tolong sarannya buat yg mau ikutan kalo ga urgent” bgt mending ditunda dulu atau pake BPJS berbayar. Kasian BPJS udh defisit M M an.. 🤑

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: