Tips merencanakan perjalanan sendiri

Di era milenial sekarang ini, traveling sudah bukan sesuatu yang unik lagi, malahan menjadi sebuah tren baru dan masuk ke dalam gaya hidup. Mau yang muda, berkeluarga, maupun para orangtua, semua semakin terlihat wara-wirinya. Banyak cara untuk mewujudkan keinginan traveling, dan salah satunya adalah dengan menggunakan jasa tour organizer atau yang kebanyakan orang sering menyebutnya dengan travel. Tapi, kamu sebenarnya juga bisa banget lho merencanakan liburanmu sendiri. Berikut saya kasih tips-tipsnya ya. 

1. Pilih destinasi berdasarkan budget dan lama perjalanan

Ketika kamu akan merencanakan liburan tapi bingung mau kemana, maka mulailah dari anggaran dana yang tersedia atau jumlah hari libur yang kamu punya. Cocok-cocokkan destinasi-destinasi pilihanmu tersebut dengan budget dan jumlah hari liburmu.

2. Riset 1

Setelah oke dengan pilihan destinasimu. Maka mulailah dengan riset kecil-kecilan tentang destinasi yang akan kamu datangi. Beberapa info yang bisa kamu cari antara lain:

  • Bagaimana cara menuju kesana
  • Menggunakan transport apa dan sampai jam berapa transportasi tersebut tersedia
  • Wisata apa yang wajib dikunjungi
  • Dimana tempat terbaik untuk menginap
  • Bagaimana cara berkeliling daerah tersebut

3. Pilih tanggal perjalanan dan booking transport serta hotel

Jika sudah tahu harus berangkat naik apa dan akan menginap dimana. Maka langkah selanjutnya adalah mencari tanggal yang pas untuk tripmu. Misalnya, me-mix and match-kan 2 buah tanggal merah yang berdekatan. Dalam memilih tanggal trip ini, kamu juga bisa menyesuaikan dengan biaya tiket pesawat/kereta serta hotel, karena sayangnya, biasanya di sekitar tanggal yang banyak merahnya adalah saat-saat harga tiket pesawat/kereta/hotel sedang tinggi-tingginya. Kamu tentu ngga mau donk budgetmu membengkak karena hal tersebut.

Setelah fix dengan tanggal trip. Maka mulailah membuat reservasi untuk transportasi utama menuju tempat tujuan dan hotelnya. Untuk kedua hal ini kamu bisa gunakan aplikasi-aplikasi booking tiket dan hotel online yang terpercaya, dan jangan lupa manfaatkanlah promo-promo yang mereka sediakan. Lumayan lho.

4. Riset 2, buat jadwal perjalanan 
Setelah riset pertamamu, tentu kamu akan cukup mendapat gambaran akan kemana saja nanti selama di tempat tujuan. Maka riset kedua ini lakukanlah dengan lebih mendalam. Buat jadwal kegiatan yang akan kamu jalani selama trip, sebagai pegangan nanti agar perjalananmu menjadi lebih efisien. Triknya antara lain :

  • Masukkan tempat wisata yang letaknya saling berdekatan di hari yang sama, supaya kamu tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga hanya untuk bolak-balik. Manfaatkanlah google map.
  • Cari tempat makan recommended di sekitar daerah wisata yang akan kamu jelajahi hari itu. Jadi kamu bisa sekalian wisata kuliner. Coba cek-cek TripAdvisor.
  • Jika kamu memutuskan untuk menggunakan transportasi umum saat menjelajah, maka carilah info tentang ketersediaannya dan jam operasionalnya.
  • Jika kamu memutuskan untuk menyewa kendaraan. Maka mulailah mencari referensi tempat penyewaan terdekat dengan penginapanmu. Serta cari juga info ketersediaan BBM di daerah-daerah wisata yang akan kamu kunjungi.
  • Cari tahu tentang peraturan adat setempat. Jangan sampai kamu menyalahi aturan setempat ya. Karena bagaimanapun kita lah orang asingnya. Maka kita yang harus menyesuaikan diri dengan adat istiadat setempat.
  • Baca pengalaman-pengalaman orang lain yang pernah berkunjung ke tempat-tempat yang akan kamu kunjungi. Supaya kamu bisa dapat gambaran akan seperti apa perjalananmu nanti. Selain itu berguna untuk persiapan mental dan fisikmu juga. Ya jangan sampe aja kejadian misalnya kamu mau ke Dieng, tapi ngga bawa jaket dengan alasan menyamakan dinginnya Dieng dengan Puncak-Bogor. Kan ngga seru jadinya. Dengan membaca pengalaman orang lain, kita juga bisa mengantisipasi hal apes yang menimpa orang tersebut agar tidak terjadi pada kita. Bonusnya, bisa saja kamu dapat nomer telepon warga setempat yang bersedia jadi guide, misalnya.

5. Persiapan berangkat

Tanggal sudah oke, cuti sudah oke, transpot sudah oke, penginapan sudah oke, daftar kuliner sudah oke, jadwal perjalanan sudah oke, maka, saatnya berangkat. Jangan lupa packing yang rapi. Simpan semua bukti reservasi transport, hotel, dll di smartphonemu, sebagai back up bisa juga kamu print, tapi ngga usah lah, hemat kertas. Hubungi vendor-vendor yang jasanya akan kamu pakai selama trip untuk memastikan bahwa mereka ingat kamu akan berkunjung, misalnya vendor penyewaan mobil, atau guide lokal, atau jasa katering, dll. Persiapkan juga peta wilayah yang akan kamu kunjungi nanti, labeli semua tempat yang akan kamu singgahi nanti supaya ngga perlu repot nyari-nyari lagi, kalo perlu download peta wilayah tersebut, untuk antisipasi kalo-kalo ternyata sinyal disana blangsak.

6. Berangkaaaat

So, semudah itu? Apakah kamu siap berangkat? Kemana? Sama siapa? Kapan? Urus sendiri juga gampang. Iya, kan? Selamat jalan-jalan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: