Itinerary dan biaya trip Belitung 3h2m ala backpacker

Hola…

Waktu itu pernah janji mau share itinerary dan budget trip Belitung selama 3 hari 2 malam. And this is it, semoga bermanfaat, bisa jadi panduan untuk yang mau ke Belitung ngecer sendiri. Walaupun sebenarnya sekarang itu udah banyak banget TO (tour organizer) yang buka paket hemat keliling Belitung. Tapi ya siapa tau aja diantara kalian masih ada yang berkeinginan buat berpetualang sendiri, ya kaaan??

Itinerary (travel with baby)

Day 1 (kuliner : mie atep (breakfast), Dapur Sakato (alternative lunch, take away), resto timpo doeloe (Dinner), Warung Kopi Kong Djie. Wisata : Tanjung Kelayang (keliling pulau kecil), Pantai Tanjung Tinggi)

Kami ambil flight paling pertama by Sriwijaya Air, lupa jam berapa, yang jelas berangkat dari rumah (di Depok) sebelum subuh. Tiba di Belitung, ketemu Pak Hasmin di bandara untuk serah terima motor. Otw kota Tanjung Pandan, sarapan Mie Atep. Setelah itu ke hotel untuk titip bagasi, dan langsung ke Tanjung Kelayang untuk wisata keliling pulau-pulau. Jangan lupa untuk beli makan siang di Tanjung Kelayang, atau bisa juga bungkus dari Dapur Sakato ketika masih di Tanjung Pandan. Jika waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore, sebaiknya segera kembali ke Tanjung Kelayang, bersih-bersih. Setelah itu mampir ke Pantai Tanjung Tinggi yang letaknya hanya sekitar 10 menit dari Tanjung Kelayang. Kembali ke hotel, dan makan malam di Resto Timpo Doeloe. Setelah makan malam bisa nongkrong di Warung Kopi Kong Djie.

Day 2 (kuliner : Dapur Sakato (alternative lunch, take away), Warung Bang Pasha (Dinner), warung kopi di Kota Manggar. Wisata : Danau Kaolin, Batu Mentas, Replika Sekolah Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, Kampung Ahok, kuliner kupi kuli Kota Manggar, Pantai Nyiur Melambai)

Persiapan sepagi mungkin, ngga perlu mandi, mandinya nanti aja di Batu Mentas. Sarapan di hotel. Mampir di Dapur Sakato (jika ingin take away untuk lunch). Menuju Danau Kaolin, foto-foto. Lanjut ke Batu Mentas, berenang-berenang cantik di sungai, hammock-an, leyeh-leyeh, mandi (jangan lupa!!). Menuju Kota Gantong, mengunjungi Replika Sekolah Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, dan Kampung Ahok. Jika waktu masih memungkinkan silahkan menuju ke Manggar untuk coffe time di warung kopinya yang ada dimana-mana, setelah itu menikmati sore hari di Pantai Nyiur Melambai. Maksimal pukul 04.30 sudah jalan lagi untuk kembali ke Tanjung Pandan.

Day 3 (kuliner : Warung Suto Mak Jannah (breakfast), Warung Kopi Kong Djie (coffee time). Wisata : Museum Tanjung Pandan, belanja oleh-oleh, Pantai Tanjung Pendam (alternative))

Packing-packing, check out dan titip barang lagi di resepsionis hotel. Sarapan di Warung Suto Mak Jannah. Mengunjungi Museum Tanjung Pandan. Belanja oleh-oleh (saya di little lengkuas). Dan nongkrong-nongkrong di Warung Kopi Kong Djie atau kopinya bungkus lalu nongkrongnya di Pantai Tanjung Pendam. At least 2 jam sebelum flight lebih baik udah caw ke bandara, jangan lupa ambil barang dulu di hotel, ngebungkus nasi lagi di Dapur Sakato (andalan banget, wkkkk), ngebungkus kopi dan es jeruk kunci lagi dari Kong Djie. Sebelum check in, serah terima motor dulu sama Pak Hasmin, and bye bye Belitung….

Catatan : Itinerary di atas adalah itinerary awal yang dibuat sebelum berangkat. Namun di lapangan tetap harus menyesuaikan waktu, cuaca dan mood baby. Ada beberapa tempat yang terpaksa tidak kami kunjungi, seperti Danau Kaolin, wisata Kota Manggar, kuliner Suto Mak Jannah. Itinerary day 3 hampir tidak ada yang terlaksana karena cuaca, dari pagi sampai pesawat take off hujan turun ngga henti-henti. Namun untungnya hotel kami punya view bagus di pinggir pantai, jadi ngga bosen-bosen amat pas nungguin check out.

Estimasi biaya trip Belitung 3 hari 2 malam

  • Tiket pesawat pp CGK-TJQ-CGK : Rp. 800.000,- /orang (jika harga normal)
  • Hotel Casa Beach – executive room (bintang 2) : Rp. 315.000/kamar/malam (1 kamar 2 orang)
  • Sewa motor + biaya antar ke Bandara : Rp. 250.000/3 hari
  • Bensin : Rp. 60.000
  • Sewa kapal tanjung pandan : Rp. 500.000/hari/kapal (kapasitas 10 orang)
  • Biaya makan di Belitung rata-rata Rp. 35.000/orang untuk menu sederhana tapi enak dan Rp.50.000/orang (atau lebih) untuk menu mewah dan enaaaaak
  • Harga Kopi Kong Djie (di warungnya yang asli) ngga sampe Rp. 10.000/gelas, begitupun es jeruk kunci
  • Tiket masuk tempat wisata juga murah-murah, tidak lebih dari Rp. 10.000/orang.
  • Kecuali Museum Kata Andrea Rp. 50.000/orang (bisa nego, hehe)

Catatan : Saya pesan tiket pesawat di tiket.com, saat itu sedang ada promo potongan 150.000. Lalu pesan hotel di Agoda dan sedang ada promo juga, saat itu sewa executive room untuk 2 malam hanya 500 ribuan aja. Dan total pengeluaran kami sekeluarga untuk trip ini sekitar Rp. 4.000.000 (tidak lebih, karena masih ada sisa recehan buat beli nasi padang untuk makan malam di rumah). Biaya untuk 2 dewasa dan 1 bayi (1,5 tahun). Sudah termasuk taksi pulang pergi bandara soetta, taksi ke bandara Belitung (karena hujan jadi batal naik motor ke bandara), beli camilan dan air mineral, dan belanja oleh-oleh sekardus. Untuk makan juga kami ngga ngirit-ngirit, malah sampe begah. Jika tidak ingin berkendara dengan motor, tersedia juga banyak penyewaan mobil, tapi tentu harga sewanya lebih mahal, mungkin sekitar 300-400 ribuan untuk mobil jenis xenia/avanza tanpa sopir. Tapi masih bisa diakali dengan sharing cost dengan teman-teman seperjalanan.

Kontak yang bisa dihubungi :

  • Pak Hasmin (sewa motor belitung) : 085924945008
  • Mada (sewa kapal tanjung kelayang) : 081949306029

Kesimpulannya, berkeliling Belitung tanpa travel agent itu juga mudah kok, mudah banget malah. Semua tempat wisatanya sudah terpetakan di google map, bahkan tanpa google map pun ngga akan nyasar karena plang petunjuknya sangat jelas. Selain itu kita juga bisa lebih puas menikmati perjalanan, karena ritmenya kita sendiri yang menentukan. Tapi ya balik lagi ke masing-masing orang, mau wisata tanpa ribet atau mau berpetualang, itu pilihan. Demikian, enjoy Belitung yaaaa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: