Yuk coba, Pie Buah Naga

Kemarin pas belanja ke swalayan ada buah naga cakep-cakep dan murah, desas desus katanya emang lagi musim sih. Ya udah, beli deh, walaupun sebenernya kurang suka kalo dimakan biasa gitu doank. Sambil keliling rak-rak swalayan akhirnya kepikiran gimana kalo si buah naga ini dibikin pie aja, pasti kece. Dan, taraaaaaaa… Dibawah ada resepnya, monggo silahkan dicoba ya..

Bahan kulit :

  • Tepung terigu 1 2/3 cup
  • Gula halus 2 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Telur 1 butir
  • Margarine 100gr

Bahan isian :

  • Buah naga 1/2 buah (atau sesuai selera)
  • Susu kental manis 1 sachet (jika kurang manis boleh ditambah gula pasir)
  • Air putih 450ml
  • Agar-agar Swallow plain 1/2 bungkus
  • Vanilli 1/4 sdt (boleh di skip)

Cara membuat :

  • Campur semua bahan kulit dengan garpu atau spatula sampai rata, setelah itu pipihkan dan masukkan ke cetakan pie, tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu, fungsinya agar adonan tidak menggembung saat dipanaskan
  • Panaskan oven 160° dan panggang selama kurang lebih 30 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Kebetulan saya tidak punya oven, jadi saya pake happycall double pan. Sebelumnya panaskan happycall terlebih dulu dengan api sedang. Dan saat memanggang gunakan api sangat kecil (hampir mati). Panggang sekitar 35-45 menit. Sekali-kali di cek supaya ngga kegosongan. 😂
  • Setelah kulit pie matang, blender buah naga dengan air sesuai takaran. Tidak perlu terlalu halus atau sesuai selera aja. Setelah itu masukkan semua sisa bahan isian dan masak hingga mendidih.
  • Tuang bahan isian ke kulit pie, tunggu hingga bahan isian mengeras dan pie siap disajikan.

Secara keseluruhan sih bahan isiannya sama kaya puding. Jadi seperti bikin puding di dalam kulit pie. So, jangan takut berekspresi dengan bahan isiannya. Misalnya air putih bisa diganti susu uht fullcream, atau bisa jg atasnya dikasih toping potongan buah naga segar, dan lain-lain sesuai selera aja.

Oya, tips memanggang dengan happycall akan saya tulis di artikel yang lain ya. Ciao..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: