Kampung Sakti di atas Kayu Sakti

Mmm..mau cerita tentang dua kampung eksotis di Kalimantan Timur. Kampung yang di rintis sama suku hebat dari timur Indonesia, suku Bugis. Masing-masing bernama Bontang Kuala yang terdapat di kota Bontang, dan Kampung Baru di kota Balikpapan. Jadi, kenapa eksotis? Karena dua kampung ini di bangun di atas laut. Mmm.. ngga laut laut banget sih, tepatnya di atas pantai, ya intinya di atas air laut lah gitu. Struktur bangunannya berupa rumah-rumah panggung yang memakai kayu Ulin yang terkenal itu lho. Tapi udah banyak juga yang merenovasi rumah mereka dengan dinding batu bata tapi ya tetep yang jadi tiang penyangganya si ulin-ulin sakti tea.

Bontang Kuala sendiri masih terbilang sepi dan kecil di banding Kampung Baru yang udah jadi nama kelurahan. Namun Bontang Kuala lebih terkenal dari Kampung Baru. Kenapa begitu? Well, ini sih asumsiku aja lho ya. Mungkin, pemerintah kota Bontang udah dari awal menetapkan Bontang Kuala sebagai daerah tujuan wisata kota Bontang, di samping itu animo masyarakat penduduk Bontang Kualanya pun ngga kalah sama pemkotnya. Mereka berlomba-lomba menciptakan suasana yang senyaman-nyamannya untuk para pengunjung, di tambah lagi dengan llingkungannya yang masih bersih (kalo yang ni ngga tau karena kebetulan masih sepi aja atau kebetulan emang ada peraturan khusus persampahan), sehingga membuat pengunjung punya alasan untuk datang dan sekedar bersantai-santai melepas lelah di atas bale-bale (baca: dermaga kayu) sambil ngeliat langit yang bertaburan bintang (kalo malem) dan laut tanpa batas.

bontang kuala

bontang kuala

masjid di bontang kuala

Dan, ada apa dengan Kampung Baru? Sesungguhnya, pemkot Balikpapan pun udah menerapkan hal yang sama tentang status kampung wisata pada Kampung Baru. Tapi, masa lalu (dan mungkin masa sekarang) nya yang kelam bikin (jangankan) penduduk Balikpapannya aja males buat sekedar berkunjung. Lah, kalo warga Balikpapannya sendiri aja males ke sana jadi ngga ada yang merekomendasikan Kampung Barunya deh. Jadi ngga terkenal deh. Satu kalimat yang SELALU aku dengar kalo aku minta di temenin buat jalan-jalan ke Kampung Baru oleh teman asli Balikpapan adalah : “Ngapain kamu kesana? Mau di hajar kah?”. Lho? Lho?

(sebelumnya mau minta maap sama warga Kampung Baru yang baca tulisan ini).

Jadi begini ceritanya, kebanyakan pemuda Kampung Baru punya watak ingin memiliki lebih besar ketimbang pemuda manapun. Jadi kalo di rasa ada hak mereka yang terambil ya langkah simplenya adalah berantem, tawuran, keroyokan (berdasarkan cerita temanku yang asli orang Kampung Baru), bahkan sampe Polisi aja kewalahan. Polisi tu sampe bikin yang namanya Perjanjian Setan sama pemuda-pemuda Kampung Baru, jadi kalo ada satu orang aja yang ketahuan berantem, maka di jamin polisi sekompi bakal ngegrebek tu kampung n nangkepin semua pemuda yang keliatan ada di rumah, meskipun yang laen pada ngga terlibat (termasuk si temenku yang alim ini). Jadi ngga jarang dia di bangunin tengah malem sama orang rumahnya hanya untuk kabur dari razia polisi. (eh, cerita ini bener ngga sih gajali??). hehehe..

Eh, tapi cerita tentang seremnya Kampung Baru dan keengganan warga Balikpapan buat berkunjung tu kenyataan kok. Tapi sebagai blogger nekat yang punya misi promosi Balikapapan, kan ngga afdol kalo ngga sampe punya cerita tentang kampung fenomenal ini.

Okelah, lanjut ke yang bagus-bagusnya lagi. Jadi, kalo sekarang, masyarakatnya udah lebih aware. Bahkan sebagian pemuda udah berusaha ngubah imej menyeramkannya ini. Mereka pengen kampungnya yang eksotis ini bisa jadi tujuan wisata seperti Bontang Kuala. Udah ada lho kafe-kafe lucu di pinggiran lautnya, dan suasananya cozy banget kalo malem.

Sebagai kampung di atas laut, Kampung Baru juga sangat menakjubkan, karena bukan Cuma rumah-rumah aja yang ada di kompleks perkampungan ini, tapi juga ada rumah ibadah dan bahkan PASAR beserta tempat parkirnya. Semuanya dengan menakjubkan berdiri di atas air laut yang di topang dengan (sekali lagi) si kayu Ulin sakti.

salah satu sudut pasar di kampung baru

ragam rumah di kampung baru

masjid di kampung baru

salah satu sudut kampung baru

salah satu sudut kampung baru

Jadi, kalo ke Balikpapan, mampir ke KAMPUNG BARU ya. Kalo Kebun Sayur si tempat belanja oleh-oleh tu udah terkenal banget, nah Kampung Baru udah dekeet banget dari situ. Oke? Selamat jalan-jalan ke Kampung Baru.. 🙂