Introducing of Balikpapan

Jadi sekarang ini aku tinggal di Balikpapan, mungkin sampe 3 taun ke depan kali ya (InsyaAllah), pengennya 3 taun kemudian itu hijrah lagi ke LN. haha…amiiin…

Baiklah…Sebagai warga pemegang KTP Balikpapan yang baik, aku juga merasa berkewajiban dalam membangun kota. Karena belum sanggup secara materi, so, gimana klo qta explore lebih jauh aja kota ini, termasuk salah satu bentuk bakti bukan?? πŸ™‚

Balikpapan, terletak di provinsi Kalimantan Timur. Membentang sepanjang pesisir Selat Makassar sampai ke Teluk Balikpapan. Dengan adanya Bandara International Sepinggan dan Pelabuhan-Pelabuhan (termasuk pelabuhan peti kemas) praktis membuat Balikpapan menjadi pintu gerbang utama untuk masuk ke provinsi ini. Apalagi saat ini pun pemerintah kota juga sedang menambahkan satu lagi pelabuhan peti kemas di bakal kawasan industri Kariangau. Komplit!!

Balikpapan juga dijuluki sebagai kota minyak, itu karena banyaknya perusahaan minyak yang ‘mangkal’ di sini, diantaranya yang besar-besar : Pertamina, Chevron, dan Total. Jika di lihat dari angkasa, maka akan terlihat tangki-tangki minyak tersebut menjamur. Bahkan ada yang bilang, “klo mau ngebom kaltim, bom aja tu pertamina, dijamin se-kaltim meledak semua”, ups, ssssssssst…. mau tau kenapa?? cari tau sendiri ya…hehehehe…:D

Selain minyaknya, Balikpapan juga menjadi markas bagi perusahaan kontraktor batubara dan kontraktor alat berat (yang pastinya melayani kebutuhan alat berat kontraktor batubara). So, tidak diragukan lagi, banyak sekali peluang kerja yang disediakan perusahaan-perusahaan tersebut. Maka dari itu, SMK atau STM di Balikpapan sangat di incar oleh calon siswa-siswanya. Alasannya, ya biar bisa langsung kerja di salah satu perusahaan-perusahaan bonafit tersebut. Selain mencari tenaga non-profesional dari dalam provinsi, biasanya perusahaan-perusahaan ini juga banyak mencari tenaga profesional dari Pulau Jawa. Jadi, jangan heran jika kamu kamu kamu datang berkunjung ke sini lalu mendapati bahasa Jawa sebagai bahasa yang sangat sering terdengar. πŸ™‚

Prestasi Balikpapan secara nasional pun lumayan mengagumkan. kamu tau PERSIBA yang terkenal itu? berarti kamu juga harus tau donk dari mana club bola itu berasal?? Lalu ada juga Adipura Kencana yang tiap tahun adalah menjadi menu wajib tiap walikota untuk mempertahankannya. Jangan samakan sama Jakarta…:D

Tapi di balik revolusi-revolusi industri dan prestasi tersebut tadi, banyak juga dilema yang bakal aku tulis nanti, terutama sih menyangkut dengan alam..hmmm…jadi sedih…:(

sumpah deh...Balikpapan sekarang udah ga sesepi di foto itu..:(

Hufff… Bakal nantinya. Paragraf di atas itu akan aku buat pembahasannya sendiri-sendiri, jadi do not miss it!! Lalu, sejauh ini, apa kamu tertarik buat migrasi ke Kalimantan?? It’s not just a jungle as u known. Tapi, bagaimanapun aku tetap berharap kamu tidak tertarik. Biar Balikpapan tetep jadi Balikpapan yang BERIMAN, Bersih Indah Aman dan Nyaman.

Sweet Regards.

Advertisements

5 responses to “Introducing of Balikpapan

  1. weeehhh pengen tahu lbih banyak mngnai Balikpapan kaka,
    mggu depan aku pindah kesana untuk sekolah…
    jd jauh dari orang tua…
    regards javanese ^^

    • ooo..ni yg di twitter ya??
      welcome 2 balikpapan..
      mudah ko hidup di balikpapan, orang2x masih aware, layanan publik pemerintahanx jelas n gampang, kecuali c biaya hidupnya yang lumayan tinggi..
      emang mw skul dmn di balikpapan??

  2. aku jg mau ke bpp bbrp waktu lg. ingin cari peluang usaha. tp bukan ity yg aku takut. soalx aku ga ada kenalan satupun. itu aja.heeheh
    bs kasih tau dimana lokasi grup tionghoa dan kristen? makasih

    • mmm.. kayanya komunitas tionghoa tu mukim di daerah kebun sayur deh, soalnya di sana banyak ruko2 yg mayoritas pemiliknya orang tionghoa..tapi kebun sayurnya yang kota tuanya, semacem pecinan gt (aku lupa namanya apa), bukan kebun sayur pusat belanja oleh2 lho ya..

      aksesnya : kalo dari bandara naek angkot ijo tua, turun terminal damai, lanjut naek angkot kuning, turun di kebun sayur. nanti tanya2 aja arah ke kota tua yg banyak orang tionghoanya, jalan kaki udah deket ko.. tapi biar lebih jelas nanti aku carikan infonya lg..

      orang Balikpapan tu kebanyakan pendatang kok, dan masih ramah2, jadi tenang aja, pasti bakal banyak nemuin temen2 senasib seperjuangan.. πŸ™‚

      bwt lebih mudah, contact aq via twtter aja : @fath_m or facebook: Fath Mardotillah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s